KITAB SUCI AL-QURAN

Selasa, 11 Juni 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Al-qur’an ialah kumpulan kalam firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, dan juga merupakan salah satu mukjizat Rasulullah yang dijamin keasliannya sampai akhir zaman.

Nama Al-qur’an ( bacaan )dari surat Qiyaamah ayat 17 dan 18 sebagai berikut :

“ Sesungguhnya mengumpulkan Al-qur’an ( di dalam dadamu ) dan ( menetapkan ) bacaannya ( pada lidahmu ), itu adalah tanggungan kami. Jika kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti bacaannya “.

      Al-qur’an juga disebut Al-kitab atau Kitabullah, sebagaimana diterangkan dalam Al-baqarah ayat 2. Dinamakan juga AlFurqan ( pembeda ) antara yang benar dan yang bathil, terdapat pada ayat 1 Al-furqan. Diistilahkan pula Adz-dzikr ( peringatan ) sebagaimana tersurat dalam Al-Hijr ayat 9.

      Al-qur’an berisi 1114 surat dan terdiri dari 6236 ayat *). Jumlah kalimatnya menurut hitungan sebagian para ahli tercatat 74.4437 dan hurufnya sebanyak 325.345.

Al-qur’an diturunkan secara berangsur-angsur, sebab:

ü  Agar mudah dihafal, dimengerti, dan dilaksanakan  
ü  Banyak ayat-ayat yang diturunkan merupakan jawaban pertanyaan atau penolakkan suatu pendapat / perbuatan.
ü  Disamping itu ayat-ayat diturunkan karena ketika terdapat peristiwa-peristiwa yang tidak dapat dipecahkan oleh Nabi Muhammad sehingga menungu turunnya petunjuk Allah SWT melalui malaikat Jibril.

Secara keseluruhan Al-qur’an diturunkan dalam kurun waktu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Penyampainnya melalui malaikat Jibril dengan cara sebagai berikut :

Ø  Malaikat Jibril meresapkan wahyu ke hati Nabi Muhammad
Ø  Malaikat Jibril menampakkan diri kepada Nabi Muhammad berupa seorang laki-laki dan menyampaikan firman Allah.
Ø  Wahyu dating seperti gemerinci9ngnya lonceng yang dirasakan oleh Nabi Muhammad sebagai cara yang paling hebat.
Ø  Malaikat Jibril menampakkan dirinya sebagai aslinya.

    Ayat-ayat yang pertama diturunkan yaitu ayat 1 sampai 5 dari surat Al-alaq sewaktu Nabi Muhammad berkhalawat ( menyepi untuk mendekatkan diri kepada Allah ) di Gua Hira. Sedang ayat terakhir diturunkan yaitu ayat 3 dari surat Al-maidah diturunkan di padang arafah sewaktu Nabi Muhammad menjalankan Haji Wada.

Surat-surat dal;am Al-qur’an terbagi dalam :

1.      Surat Makkiyah, yaitu yang ayat-ayatnya diturunkan di Mekah ( sebelum Nabi Muhammad hijrah ). Terdiri dari 86 surat atau 19/30 dari isi Al-qur’an. Bercirikan ; ayat-ayatnya pendek-pendek, kebanyakkan diawali denga seruan “ yaa ayyuhannas “ ( wahai manusia ) dan pada umumnya menerangkan masalah keimanan, perintah, ancaman, pahala serta kisah-kisah umat terdahulu sebagai conton bagi uamt Nabi Muhammad

2.      Surat Madaniyyah, yaitu yang ayat-ayatnya dirutunkan di Madinah ( setelah Nabi Muhammad hijarah ). Terdiri dari 28 surat atau 1/30 dari isi Al-qur’an. Ciri-cirinya ; ayat-ayatnya panjang-panjang, kebanyakkan diawali dengan seruan “ yaa ayyuhalladzina aamanu” ( wahai orang0orang yang beriman ) pada umumnya menerangkan tentang peraturan bermasyarakat, ketata-negaraan dan masalah keduniawian lainnya.

    Pada masa Nabi Muhammad, ayat-ayat Al-qur’an ditulis oleh para sahabat di kepingan tulang,pelepah-pelepah kurma, dan batu-batu. Ayat-ayat yang ditulis oleh sahabat yang satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda, bahkan tidak jarang sahabat yang hanya menghafalkannya. Sehingga pada masa itu ayat-ayat Al-qur’an boleh dibilang tercecer. Usaha pengumpulannya baru dilakukan oleh Abu Bakar setelah Nabi wafat, atas usulan Umar bin Khathab dengan pertimbangan semakin banyaknya sahabat yang hafal Al-qur’an yang gugur. Yang ditugaskan melaksanakan pengumpulan itu Zaid bin Tsabit dibantu oleh Ubay bin Ka’ab, Ali I Abu Thalib dan Utsman bin Affan. Hasilnya terkumpullah ayat-ayat Al-qur’an dalam Mushaf.

     Setelah Abu Bakar wafat, mushaf itu dipindahkan ke rumah Umar sampai selama masa pemerintahnnya. Baru kemudian diserahkan pada Hafsah istri Rasulullah sampai masa pembukuan Al-qur’an yang diprakarsai oleh khalifah Utsman bin Affan. Dari mushaf yang ditulis pada zaman Utsman itilah kaum muslimin dari seluruh penjuru dunia menyalinnya.

      Sahabat, itulah skelumit tentang Al-qur'an dan smoga berfanfaat bagi kita, Amii..n!!  

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUHAMMAD EDI SUSONO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger