Daun sirih Untuk Kesehatan

Kamis, 12 September 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



DAUN SIRIH
 
    Saya ingin  menulis tentang daun sirih, daun yang sampai kapanpun tidak akan hilang di telan masa, kalau hilang kasihan nenek kita hehe..bercanda. 
 Konon untuk menguatkan gigi.Tanaman yang bisa tumbuh subur di pekarangan dan mudah dijumpai pada penjual bunga ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit, di antaranya untuk menghilangkan bau mulut .keputihan dan sebagainya. Sayang sekali belum dibudidayakan secara optimal di pekarangan dan dimanfaatkan untuk obat. Untuk itu , ada baiknya anda mengetahui multi khasiat daun sirih.
Baca Selengkapnya.

     Sirih yang nama latinnya Piper betle L mempunya kandungan kimia minyak atsiri(kadinen,kavikol,sineol,eugenol,karvakol),za t samak. Bagian yang digunakan daun,getah dan minyaknya. Manfaatnya untuk obat bisul,hidung berdarah, radang selaput lendir mata, trachoma,mulut berbau,keputihan, gigi goyah,gusi bengkak, radang tenggorokan, encok,jantung berdebar-debar,kepala pusing, terlalu banyak keluar air susu,batuk kering,demam nifas, sariawan.(Ir.Arif Aliadi et.al ,1996 ) Pemanfaatan daun sirih bisa tunggal atau dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya.
Berikut ini manfaat daun sirih :

v  Menghilangkan bau mulut  
v  Pembengkakan gusi/mulut
v  Perdarahan geraham
v  Menghilangkan bau badan
v  Untuk menghilangkan bau pada ketiak
v  Obat batuk
v  Keputihan
v  Mengobati sakit gigi
v  Menghentikan mimisan
v  Sakit jantung
v  Menghilangkan jerawat 

    Dengan menggunakan bahan alamai tentu saja lebih aman dari bahan kimia yang lebih beresiko terkena efek samping berbahaya.

     KANDUNGAN DAUN SIRIH  

    Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal asli Indonesia yang telah dikenal selama ratusan tahun. Pada beberapa wilayah selain dipakai sebagai tanaman obat, daun sirih juga dikonsumsi secara langsung dengan cara dikunyah dengan kapur dan pinang (sering kali disebut sirih pinang). Sejak lama daun sirih digunakan untuk mengobati mimisan dan sebagai antiseptic khususnya untuk merawat daerah kewanitaan.

     Meskipun banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, banyak orang hanya menggunakannya berdasarkan tradisi saja dan jarang sekali yang mengetahui apa sebenarnya kandungan daun sirih. Nah, berkikut ini sedikit catatan mengenai kandungan daun sirih dan manfaat yang bisa diambil darinya :

    
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.
    Karena kandungannya yang sangat kaya tersebut, daun sirih sering kali dipakai sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

     Sebenarnya ada berbagai manfaat lagi yang belum disampaikan dalam artikel ini. Namun, 3 manfaat di atas telah membuktikan bahwa kandungan daun sirih sangat berguna bagi kesehatan.

    Efek Samping Daun Sirih
 
    Daun sirih bila digunakan secara berlebihan menimbulkan efek negatif. Beberapa hal yang seringkali menjadi efek samping daun sirih adalah sebagai berikut :
·         Daun Sirih yang Diminum
Jika dikonsumsi setiap hari akan memiliki efek samping yang kurang baik bagi pencernaan. Seperti yang kita ketahui, dalam organ pencernaan kita hidup bakteri jahat dan bakteri baik. Dengan konsumsi rebusan air daun sirih setiap hari akan mematikan tidak hanya bakteri jahat tetapi juga bakteri baik.
·         Daun Sirih yang Digunakan sebagai Pembersih Daerah Kewanitaan
Para wanita memang diharuskan menjaga kesehatan daerah kewanitaannya. Jika daerah kewanitaan seseorang memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi biasanya akan timbul bau yang kurang sedap. Banyak orang membersihkan daerah kewanitaannya dengan rebusan air daun sirih sebagai unsur basa untuk menetralisir tingkat keasaman tersebut. Jika dilakukan setiap hari bakteri baik yang ada di organ kewanitaan juga akan ikut mati. Selain itu biasanya akan timbul iritasi karena daerah kewanitaan tersebut menjadi kering.

     Sebenarnya daun sirih karena sifatnya yang alami tidak akan memiliki efek samping apabila kita menggunakannya dengan bijak dan sesuai dengan dosis yang ditentukan. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli agar tidak didapatkan
efek samping daun sirih.

    Daun Sirih Merah yang punya nama latin Piper Crocatum dikenal tidak hanya sebagai tanaman hias tapi juga tanaman obat. Tanaman asli Indonesia ini tumbuh merambat di pagar atau pohon. Disebut daun sirih merah, karena  memiliki batang hijau dengan garis merah dan tidak berbunga. Permukaan daunnya yang tidak merata merupakan tempat diproduksinya teh merah.

     Tanaman ini sudah sangat terkenal sebagai tanaman kesehatan sejak jaman dahulu di Indonesia. Daunnya yang memiliki kandungan beberapa fito kimia seperti alkoloid, saponin, tanin dan Flavonoid.  Tanaman ini dikenal sebagai pengobat beberapa jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal. Tidak hanya itu khasiat daun sirih merah juga bisa untuk  menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi.

    Daun Sirih Merah juga diketahui memiliki kandungan  minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada

     Senyawa-senyawa yang terkandung di Daun Sirih Merah itu memiliki kelebihan masing-masing.  Karvakrol bersifat desinfektan, antijamur, sehingga bisa digunakan sebagai. Sementara Eugenol bisa mengurangi rasa sakit, dan tanin mengatasi sakit perut.

     Berikut ini 14 resep yang dapat dibuat sendiri di rumah untuk mengambil khasiat Daun Sirih Merah :
1.         Untuk Menobati batuk
2.         Bronkitis
3.         Mengurangi bau badan
4.         Mengatasi luka bakar
5.         Menghentikan mimisan
6.         Mengatasi maag
7.         Mengatasi gatal-gatal
8.         Menghilangkan mata merah
9.         Mencegah gusi berdarah
10.     Mencegah sariawan
11.     Mengurangi Bau Mulut
12.     Mengurangi jerawat
13.     Mengatasi keputihan
14.     Menyembuhkan payudara bengkak karena memberi ASI 

    Daun sirih mengandung ragam senyawa kimia yang diperlukan untuk membuat ramuan tradisional.

Khasiat tanaman
  • Daun (kering) sirih berguna untuk obat panas yang memiliki khasiat menurunkan panas.
  • Daun sirih berguna untuk obat mata yang memiliki khasiat antiseptik (membunuh kuman).
  • Daun sirih berguna untuk obat sariawan yang memiliki khasiat antiseptik.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUHAMMAD EDI SUSONO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger